Kekuatan mimpi: #1 Membuat blog

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mimpi? Beranikah kalian berrmimpi? Apa impian besar kalian? Apa yang kalian lakukan untuk mewujudkan impian kalian? Bagaimana prosesnya? Apakah sudah berhasil?

Itu adalah sederet pertanyaan yang rada menusuk di hati. Setiap orang memiliki jawaban yang berbeda-beda. Bagaimana dengan saya?

Oke, kali ini saya akan membahas mimpi-mimpi saya. (Ba dum tjess!)Ā Berbicara soal mimpi, saya pernah bermimpi, dan punya impian. Siapa sih yang tidak pernah bermimpi? Mimpi di siang bolong atau bunga tidur pasti pernah kan? Hehehe. Namun, tidak semua impian menjadi kenyataan. Butuh energy dan effort yang extra untuk turn that dreams into reality. Namun kekuatan mimpi sungguh luar biasa.

Berdasarkan berbegai sumber yang saya baca, kekuatan mimpi bisa membuat orang 100 x lebih efektif dan produktif. Sering saya melihat di buku-buku, blog-blog maupun di youtube tentang perjuangan mereka dalam mewujudkan impiannya. Ada yang tercapai dan ada yang tidak. Namun terlepas dari itu semua, ada sesuatu yang bisa kita ambil hikmah dari berbagai perjalanan orang maupun diri kita sendiri dalam mewujudkan mimpi tersebut.

Lantas apa mimpi saya? Sejak saya lahir dan menginjak SMA, saya memiliki mimpi, banyk malah. Namun, satu kekurangannya adalah mimpi saya tidak tertulis. Hanya sebatas mimpi yang mudah lupa akan eksistensi mimpi itu sendiri. Berlanjut ke kuliah tinggal pertama, saya masih memiliki mimpi dan saya mencoba menuliskan mimpi itu sejelas-jelas mungkin dan saya tempel di dinding kamar saya sehingga bisa saya lihat setiap hari. Waktu itu hanya baru satu mimpi saja. Karena mimpi yang satu ini begitu penting pada saat itu buat saya. Namun, apakah mimpi saya tersebut terwujud dikemudian hari? Masih belum.. masih terjadi berbagai penolakan akan mimpi saya tersebut. Apakah Allah menolak mimpi saya itu? Menggantinya dengan yang lebih baik? Atau kah Allah menyuruh saya memantaskan diri terlebih dahulu sebelum saya mendapatkan mimpi saya itu menjadi kenyataan? Saya lebih setuju pada poin ketiga. Pemantasan diri. Allah itu Maha Adil, men.. Udah adil, pake kata “maha” lagi didepannya. Sebelumnya saya mau bertanya, pantaskah saya mendapatkan mimpi itu menjadi kenyataan? Siapkah saya? Apakah saya nanti akan sombong atau congkak jika mimpi ini menjadi kenyataan? Namun, semua itu pasti akan ada jawabannya nanti, dan itu pasti!

Kembali ke laptop, apa mimpi saya? Well, sejak duduk di bangku perkuliahan ini saya banyak mengerti soal hidup, salah satunya adalah kekuatan impian atau mimpi. Mimpi atau impian, apapun itu terserahlah. Tapi yang jelas saya punya itu, mimpi yang harus saya wujudkan dengan tangan saya sendiri, dengan in shaa Allah tentunya. Tak peduli berapa pun harga mimpi itu, akan saya bayar. Saya mulai membuat 100 impian yang harus saya wujudkan dalam kurun waktu 10 tahun. Kenapa jumlahnya 100? Karena melihat senior2 saya yang mulai dengan 100 mimpinya dan tampaknya perlahan-lahan semua mulai membuahkan hasil. Kenapa 10 tahun? Karena saya sadar saya tidak tahu berapa lama lagi saya akan hidup. Berapa lama waktu yang Allah izinkan untuk saya. Saya tidak tahu. Tapi dengan asumsi saya masih hidup 10 tahun lagi, saya akan memaksimalkan waktu dan tenaga saya untuk mewujudkan mimpi-mimpi saya menjadi kenyataan. Well, salah satu inspirasi saya adalah Mery Riana yang berhasil mewujudkan mimpinya dalam waktu 10 tahun. Itulah asal muasal 10 tahun dalam mimpi saya.

Saya yakin perjalanannya tidak mudah. Tapi saya yakin, in shaa Allah, saya pasti bisa mewujudkannya menjadi kenyataan.

Sedikit tips buat Anda yang lagi sama-sama berjuang mewujudkan impiannya. Tipsnya adalah impian itu harus tertulis dengan jelas, baik bentuknya, caranya, maupun waktunya. Tips kedua, jangan hanya berupa tulisan. Sebisa mungkin ada gambarnya. Karena jauh lebih efektif (pengalaman pribadi). Yang ketiga, taruhlah tulisan maupun gambar-gamber tersebut di tempat yang memungkinkan sehari-hari kita untuk meliatnya. Contohnya, dinding kamar, buku kuliah, buku catatan, dan lain sebagainya.

Ini contoh yang saya lakukan di kamar kos saya.

IMG_20130915_120435 IMG_20130915_120547 IMG_20130915_120650 IMG_20130915_120756 IMG_20130915_120839

 

 

Jika di dalamnya ada wajah seseorang, maka esensinya saya harus membahagiakan atau membuat orang tersebut bangga sama saya atau pun mengikuti jejak suksesnya. Contohnya, wajah ayah ibu saya, teman-teman saya, atau wajah Barrack Obama (walaupun bukan presiden saya, buat saya, Barrack Obama adalah salah satu inspirator saya). Jika di dalamnya ada gambar suatu tempat, maka esensinya adalah saya harus mengunjungi tempat itu, misalnya Eropa atau Jepang. Dan jika ada logo atau bangunan kampus, saya harus bisa kuliah di sana.

Sampai saat saya menulis blog ini, belum genap 100 mimpi yang harus saya capai. Itu menunjukkan betapa masih bingungnya saya di kehidupan ini. Apa yang ingin saya dapatkan? Apa yang ingin saya lakukan? Sekitar 30an mimpi yang saya tergetkan, baru 1 yang menjadi kenyataan, yaitu saya punya blog atau website dan selalu mengupdatenya tiap minggu (doakan saya). Masih banyak mimpi yang harus saya temukan dan saya wujudkan seiring berjalannya waktu. Waktu saya kurang dari 10 tahun sejak berjalan beberapa bulan lalu. Mari sama-sama berdoa, doakan saya dan untuk kita semua, mudah-mudahan kita diberi kekuatan dalam mewujudkan impian kita dan semoga semua mimpi-mimpi atau impian-impian kita dimudahkan oleh Allah SWT untuk menjadi kenyataan, aamiin.

Leave a Reply

