Gelas yang retak

Gelisah..
Sudah dua kali mimpi mengerutkan dahiku
Apa maksud dari kata tak tersirat dan gambar tak terlukis?
Mulai dari surat Google 0.0%
Sampai aku, dialog sang inspirator
Tiba-tiba aku muncul di lautan bangku kayu sekolah
Bertemu kakak beralmamater jingga
Berbisik agar kau tak mencoba mengutak-atik takdir
Tiga kali dalam coba, tiga kalinya terguling kalah
Seakan membuat lutut ini ngilu untuk melangkah ke seberang jalan
Jembatan shiratolmustaqim ini terlalu sempit untuk ku tapaki
Sang inspirator berbisik seolah aku harus berhenti saja
Lalu tenggelam terseret derasnya arus lautan
Dan seolah sang inspirator itu bukanlah orang yang dulu ku kenal
Yang semasa muda, ku berharap menukarkan waktuku dengan nasibnya
Namun Tuhan tak memberikan apa yang aku tukar
Lalu, apakah kau akan berhenti di persimpangan jalan ini?
Tidak!
Sampai jantung ini terus berdetak kencang!
Sampai jasad ini belum terbungkuskan kafan!
Selama iman ini masih menggebu-gebu di dalam dada..
Aku tak akan pernah berhenti berjalan!!
“Tinggal sedikit lagi sampai puncak..”
“Ayo Ham.. Semangat..!”
Begitulah kata para pendaki yang tersengal-sengal nafasnya berjalan melewatiku
Akan ku buktikan kepada mu wahai Kakak berbaju jingga
Aku tak akan mengecewakanmu!!
Akan terus ku pikul batu hitam di pundakku ini
Yang ku lilit dengan tambang 30 senti
Menapak jejak gunung abu vulkanik
Aku harus sampai puncak!
Meski beberapa kali pingsan dan terguling jatuh
Aku harus bangkit!!
Berdiri lagi, lalu jalan kembali
Sambil mengusap air mata yang bercampur dengan tanah di pipi
Bismillah, sampai mati..!

One thought on “Gelas yang retak

Leave a Reply

