Dua hari sebelum berangkat ke Singapur

Penantian ini membuat saya letih. Hari-hari beban di kepala semakin banyak saja. Picik sekali setan-setan bermain di kepala dan hati saya. Membisikkan bisikan-bisikan yang menyesakkan kalbu di dada.

Dua hari lagi saya akan terbang ke Singapura untuk interview di salah satu universitas Jepang. Sungguh, pikiran saya dihantui oleh berbagai pertanyaan seputar interview dan hampir membuat saya gila. Mulai dari keberangkatan nanti ke sana, proses transportasi, penginapan, makan, mandi, baju yang harus saya pakai untuk interview dan bagaimana saya harus bersikap dalam interview itu.

Saya sudah berkonsultasi dengan teman yang asalnya juga dari Surabaya yang sudah lebih dahulu kuliah di sana. Saya bertanya macam-macam, mulai dari pakaian yang harus saya pakai, apa saja pertanyaan-pertanyaannya, dan hal-hal teknis maupun non-teknis lainnya. Seperti apakah saya harus memakai jas saat wawancara nanti? Dan pertanyaan apa yang diajukan? Pesan dari sang kakak bahwa saya harus santai saja dan jawab apa adanya karena “pertanyaannya tidak susah, kok” begitu katanya. Yang menjadi sedikit beban di pikiran saya adalah di interview itu sang kakak pernah ditanyai seputar kalkulus dan fisdas. Bagaimana nantinya kalau pertanyaan itu juga diutarakan kepada saya? Sejujurnya saya merasa sedikit nervous. Bukannya saya tidak paham dengan materinya, tetapi bagaimana saya menjelaskan dengan lancar materinya dengan bahasa inggris. Ya, semua interview menggunakan bahasa Inggris.

Hal lain yang membuat saya panik adalah hari Sabtu, hari wawancara saya, adalah hari dimana UAS Pengantar Teknologi Informasi di kampus saya dilaksanakan. Mengapa lah ujian itu harus datang di hari Sabtu? Bukankah hari Sabtu waktunya libur? Bukankah kegiatan akademik hanya berlangsung mulai dari Senin sampai Jumat saja? Sehingga saya mau tidak mau harus melobi sang dosen untuk mempercepat UAS atau mengikuti UAS susulan. Doakan saya berhasil.

Leave a Reply

