Coretan Semangat

Saya sangat mencintai negeri ini, Indonesia. Indonesia dianugerahi begitu banyak kekayaan sumber daya alam yang melimpah oleh Tuhan. Indonesia pada jaman dahulu selalu dijajah oleh bangsa-bangsa lain dan selalu bergantung kepada mereka. Indonesia kini sudah merdeka, namun ketergantungan kepada negara-negara lain itu masih ada walau perlahan-lahan mulai berkurang. Indonesia yang sudah enam puluh delapan tahun merdeka ini seharusnya bisa menjadi negara super seperti Jepang dan Amerika. Namun jalan untuk ke sana rasanya masih jauh. Ditengah jutaan manusia yang memadati pulau-pulau Indonesia ini, masih banyak kemiskinan dan kebodohan yang harus dimusnahkan.

Sebagai pemuda yang akan memimpin negara ini kelak di Indonesia Emas 2045, seratus tahun pasca kemerdekaan Indonesia, saya akan melakukan apapun untuk kemajuan bangsa yang tercinta ini. Jika saya ditanya, “Mau dijadikan apa Indonesia pada 2045 nanti?” Saya dengan tegas menjawab, “Saya ingin Indonesia sejajar dengan negara-negara maju lainnya di dunia, salah satunya Jepang.” Kenapa Jepang? Bukannya saya mengagung-agungkan Negara Matahari Terbit itu, tetapi Jepang sangat positif jika dijadikan contoh. Semangat etos kerja yang tinggi, bangga dengan budaya sendiri, dan kemajuan teknologi yang begitu canggih patut ditiru oleh seluruh bangsa Indonesia. Lihatlah, semua produk ciptaan Jepang ada semua di Indonesia, mulai dari peralatan elektronik, mobil, sepeda motor, sampai kereta buatan Jepang ada di sini. Sepertinya hampir tidak ada teknologi hasil ciptaan bangsa Indonesia sendiri. Tidak salah jika saya bercita-cita untuk belajar sampai ke Jepang.

Perlahan-lahan kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia akan habis. Indonesia tidak boleh terlalu bergantung lagi kepadanya. Indonesia harus mengoptimalkan Sumber Daya Manusianya. Indonesia memiliki masa depan yang cerah untuk energi terbarukan. Indonesia memiliki geothermal terbaik di dunia, Indonesia juga bisa mengoptimalkan energi laut maupun nuklir. Namun begitu, Indonesia masih kekurangan di teknologi dan sumber daya manusianya. Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi kita, terutama para pemuda Indonesia.

Indonesia memiliki pribadi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini. Sebagai orang Indonesia, saya bercita-cita untuk belajar sampai ke Jepang. Negara hebat dengan kemajuan teknologinya. Selain itu, kekayaan budaya Jepang akan sangat Indah untuk dipelajari. Saya juga bermaksud untuk menjadi jembatan yang kokoh antara Indonesia dan Jepang. Saya akan belajar dengan sungguh-sungguh demi kemajuan bangsa Indonesia. Saya akan belajar ke School of Engineering. Kenapa engineering? Karena saya berpikir bahwa dengan menguasai ilmu engineering, nantinya saya bukan hanya dapat memanfaatkan teknologi yang sudah ada, tetapi juga menciptakan teknologi baru yang lebih baik. Hal itu bukan hanya menguntungkan Indonesia sendiri, tetapi negara-negara lain juga akan mengambil manfaat bersama mengingat ilmu merupakan kunci kemajuan suatu bangsa yang harus diberikan kepada yang lain. Dengan menguasai ilmu di engineering, dengan kekuatan di kedua sisi, sumber daya alam dan sumber daya manusia, Indonesia akan mampu meraih Indonesia Emas di 2045 ini.

 

 

Leave a Reply

